Jumat, 31 Oktober 2008

Brandon Routh - Wajah Baru Si Manusia Baja





WAJAH rupawan, tubuh atletis dipenuhi lekukan otot sepertinya menjadi syarat mutlak bagi aktor pemeran tokoh Si Manusia Baja "Superman". Sebagai tokoh sentral dalam dunia superhero, Superman memang diciptakan dengan segala kesempurnaannya. Tak heran, setiap aktor pemerannya harus memenuhi kriteria "khas" karakter tokoh komik ciptaan Jerry Siegel dan Joe Shuster ini. 
Muncul pertama dalam serial televisi tahun 1951-1957 --sebelumnya telah tampil, namun dalam bentuk kartun-- dengan judul "The Adventures of Superman" sebanyak 104 episode. George Reeves, pemeran Superman saat itu "menyihir" pemuja Superman lewat acting dan ketampanannya. 
Superman lalu merambah ke layar lebar tahun 1978 lewat "Superman: The Movie". Warner Brothers, studio yang memproduksi film ini, lewat sutradara Richard Donner, memasang Christopher Reeve sebagai pemeran Clark Kent (Superman). Walau nama kepanjangannya sama, antara George Reeves dan Christhopher Reeve tidak ada pertalian darah. Itu hanya kebetulan. 
Lalu, siapa penerus era keemasan Christopher Reeve dalam memerankan tokoh Superman selanjutnya?
Setelah kembali dirilis tahun ini dengan judul "Superman Return", walau sempat tidak digembar-gemborkan pihak Warner Bros karena masih dalam suasana berduka meninggalnya Christhoper Reeve, 10 Oktober 2004 (saat itu audisi "Superman Return" dilakukan 2004), akhirnya pilihan jatuh kepada Brandon Routh. 
Siapa Brandon Routh?
Orang mungkin akan mengernyitkan dahinya mendengar nama tersebut.
Memang, sebelumnya santer disebutkan nama-nama beken seperti Josh Harnett, Ashton Kutcher, Jude Law, Brendan Fraser, Jim Caviezel, dan bintang "Smallville" Tom Welling yang akan membintangi film ini. Namun, sutradara Bryan Singer menginginkan wajah baru yang lebih fresh sebagai pemeran tokoh Superman.
Pemilik nama lengkap Brandon James Routh ini dilahirkan dan dibesarkan di Des Moines, sebuah desa kecil di Iowa dekat Norwalk Amerika Serikat, 9 Oktober 1979. BJ--biasa ia disebut-- mulai menggeluti dunia seni peran dengan memainkan peran-peran kecil dalam teater di The Norwalk Theatre of Performing Arts. Selain itu, dia juga pencinta olah raga. Sepak bola, basket, berenang, bersepeda pernah ia geluti. 
Sempat mengecap bangku kuliah di University of Iowa selama setahun, Routh hijrah ke Hollywood untuk mencoba keberuntungan sekaligus mengembangkan bakatnya. Routh mendapat peran pertamanya dalam sebuah tayangan pendek stasiun televisi ABC bergenre sitcom "Odd Man Out" pada tahun 1999. Ia juga sempat membintangi opera sabun pada tahun 2000 lewat "MTV's Undressed". Kariernya mulai menanjak setelah tampil dalam klip video lagu Christina Aguilera "What a Girl Wants". 
Tahun 2001 ia mematangkan acting-nya dalam serial drama televisi sukses "Gilmore Girls". Setelah itu beberapa peran penting mulai dilakoni. Ia pun tampil dalam drama harian stasiun televisi ABC "One Life to Live", drama kriminal yang ditayangkan CBS "Cold Case", dan serial sitcom populer "Will & Grace". 
Walau banyak berperan di televisi, nama Brandon Routh belum juga dilirik sutradara film layar lebar. Namanya menjadi buah bibir setelah lolos audisi ketat untuk pembuatan film "Superman Return" memerankan tokoh utama Clark Kent. Sebelumnya, pada tahun 2003, ia pernah memenangi lomba kostum perayaan Halloween di Hollywood. Saat lomba, ia mengenakan kostum Superman. Ia memenangi lomba karena dinilai pas oleh para juri memakai kostum tersebut. Routh memakai kostum Superman bukan semata-mata untuk lomba, karena ia memang salah seorang fans berat tokoh superhero ini.
Namun, tokoh Superman Si Manusia Baja, tahan peluru, dan sakti mandraguna ternyata berbanding terbalik dengan kisah hidup para pemerannya. George Reeve meninggal setelah peluru bersarang di tubuhnya. Sementara, Christopher Reeve setelah jatuh saat menunggang kuda, sisa hidupnya ia sisakan di kursi roda karena lumpuh dan meninggal setelah sebelumnya mengalami gagal jantung. Bagi banyak kalangan ini dianggap sebagai kutukan. Namun, bagi Brandon Routh hal itu tidak membuatnya khawatir dan gentar. Kalaupun terjadi, ia akan menghadapinya. Toh pemeran Superman juga manusia...! (Yudi Noorachman/berbagai sumber)***
sumber: pikiran rakyat (12/07/2006)

Tidak ada komentar: