Jumat, 31 Oktober 2008

Johnny Depp Doyan Membuat Onar

KESUKSESAN seseorang tak melulu sejalan dengan apa yang dicita-citakan. Yang pasti, untuk merengkuhnya diperlukan pengorbanan, perjuangan, dan sedikit keberuntungan. Hal itu mungkin dirasakan benar oleh Johnny Depp. Karier panjang penuh liku dan sisi kelam mewarnai perjalanan hidup pemeran tokoh Kapten Jack Sparrow, bajak laut konyol yang cerdik, dalam sekuel sukses "Pirates of The Caribbean" ini.
Namun, semuanya dapat dimentahkan dan dilewati berkat kegigihan dan talenta luar biasa yang dimilikinya. Diberkahi kemampuan acting yahud dan berkelas, Johnny Depp mampu menghidupkan peran apa pun yang harus dijalaninya dalam sebuah film.
John Christopher Depp II (nama lengkap Johnny Depp), lahir 9 Juni 1963 di Owensboro Kentucky AS. Kekisruhan rumah tangga orang tuanya, membuat Johnny tumbuh menjadi anak liar yang doyan berbuat onar. Seks bebas dan segala jenis narkoba, diakrabinya sejak umur sangat belia, tiga belas tahun. Depp drop out dari sekolah setelah kedua orang tuanya bercerai pada tahun 1978.
Berbekal gitar pemberian sang ibu, Depp memulai peruntungannya dengan membentuk band The Kids, yang menuai sukses sebagai band lokal. Depp menikah dengan Lori Anne Allison, adik penggebuk drum bandnya, 20 Desember 1983. Selama perkawinan, selain meneruskan karier musiknya, Depp juga bekerja sampingan sebagai sales produk bolpoin.
Pernikahannya dengan Lori menjadi titik awal Deep merambah dunia acting. Lori, yang bekerja sebagai penata rias artis, mengenalkan Depp kepada aktor Nicolas Cage.
Cage melihat potensi besar pada diri Depp. Ia menyarankan Depp untuk berkarier di dunia seni peran. Sayang, perkawinan Depp dan Lori kandas pada tahun 1985. Merujuk saran Nicolas Cage, Depp ikut casting dan lolos seleksi untuk bermain dalam film pertama bergenre horor, "Nightmare on Elm Street" (1984).
Ibarat ketagihan, ia pun meneuskan karier filmnya dengan turut ambil bagian dalam film berlatar Perang Vietnam, "Platoon" garapan sutradara kondang Oliver Stone, tahun 1986. Untuk lebih mengasah kemampuannya dalam berseni peran, Depp mengambil kursus acting di L.A. Loft Studio. Tahun 1987, karier Depp melejit setelah ia memerankan polisi muda, Tom Hanson dalam serial drama kriminal yang ditayangkan FOX TV, "21 Jump Street". Serial ini merengkuh sukses luar biasa.
Tawaran untuk membintangi film layar lebar pun berdatangan. Di antaranya "Edward Scissorhands", "Cry-Baby", lanjutan film horor "Nightmare on Elm Street" bertajuk "Freddy's Dead: The Final Nightmare", "Benny & Joon" (1993) dan "Ed Wood" (1994), "What's Eating Gilbert Grape" bersama Leonardo Di Caprio memaksa kritikus film Hollywood angkat topi mengakui kecemerlangannya. Filmnya tahun 1995 "Don Juan DeMarco" dan "Nick of Time", tak terlalu banyak mendapat perhatian.
Namun, pada tahun 1995 Depp kembali menggebrak lewat film "Donnie Brasco", yang mengharuskannya beradu acting menjajal kemampuan aktor kawakan Al Pacino. Lewat "The Brave" Depp membuktikan bahwa bakatnya bukan hanya menjadi aktor, tapi sekaligus penulis skenario dan sutradara. Tahun 2003, Depp masuk nominasi peraih Oscar berkat penampilannya dalam "Pirates of the Caribbean: Curse of the Black Pearl". Depp kembali masuk nominasi Oscar pada tahun 2004 lewat film "Finding Neverland". Dilanjutkan dengan membintangi film remake "Charlie and the Chocolate Company", dan terakhir film lanjutan sekuel sukses "Pirate of the Caribbean: Dead Man Chest".
Walaupun belum pernah memenangi penghargaan Oscar, Depp sempat meraih penghargaan Sho West Male Star of Tomorrow pada tahun 1990, penghargaan London Critics Circle Actor of The Year pada tahun 1996 berkat film "Ed Wood", dan Honorary Cesar pada tahun 1998.
Karier Depp sebenarnya tak sepenuhnya mulus. Pada tahun 1993 Depp sempat berurusan dengan pihak kepolisian menyusul kematian aktor River Phoenix akibat overdosis obat-obatan di kelab pribadi milik Depp, The Viper Room. Depp juga sempat ditahan polisi akibat ulahnya merusak kamar hotel beserta isinya di Manhattan dan berkelahi dengan paparazi. Selepas perceraiannya dengan Lori Anne Allison, Depp sempat merajut jalinan asmara dan sempat bertunangan dengan beberapa aktris cantik termasuk Winona Ryder dan Kate Moss. (Yudi Noorachman/ berbagai sumber)***
sumber: pikiran rakyat (06/08/2008)

Tidak ada komentar: